Home Wisata Alam Gunung Bromo
Gunung Bromo
0

Gunung Bromo

0
Advertisement

Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang sampai saat ini masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Dengan ketinggian sekitar 2.329 meter di atas permukaan laut, secara administratif Gunung Bromo berada dalam 4 kawasan kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung yang termasuk dalam dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini terkenal dengan panorama kawah gunung yang begitu menakjubkan, daya tarik utama juga terletak pada status gunung yang masih aktif serta dapat dengan mudah untuk didaki dan dikunjungi. Obyek wisata Gunung Bromo merupakan fenomena alamnya yakni terbentuknya kawah di tengah kawah dengan hamparan laut pasir yang mengelilinginya, hal ini yang merupakan salah satu daya tarik pengunjung.

Gunung Bromo juga terkenal dengan asap vulkaniknya yang begitu indah yang terletak di puncak Gunung Bromo, Anda tidak perlu khawatir karena sudah tersedia tangga beton yang senantiasa menemani pendakian Anda ke puncak Gunung Bromo. Bila telah sampai di puncak Gunung Bromo maka tampak kawah Gunung Bromo yang setia memanjakan mata Anda dengan keindahannya. Dari puncak inilah wisatawan dapat menikmati dan menyaksikan keagungan Sang Pencipta. Kawah gunung mengeluarkan asap yang relatif tipis, serta tidak jauh dari tempat kawah tersebut Anda dapat menyaksikan keindahan panorama hamparan laut pasir Gunung Bromo. Bentuk tubuh Gunung Bromo sendiri bermodel antara lembah dan ngarai dengan kaldera / lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. Yang paling unik dan diminati oleh para wisatawan adalah pemandangan sempurna ketika matahari terbit dan terbenam, dikarenakan beberapa titik spot di Bromo adalah tempat terbaik untuk melihat keindahan Sang Surya dengan jelas.

Bagi penduduk sekitar yang bermayoritas suku Tengger, Gunung Bromo atau juga dikenal Gunung Brahma dipercaya sebagai simbol Gunung Suci. Di setiap tahunnya, masyarakat tengger rutin melaksanakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo yang bertempat di sebuah pura di bawah kaki Gunung Bromo dan dilanjutkan ke puncak Bromo. Upacara Kasodo Bromo dilakukan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama yang berkisar pada tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa.

Harga Tiket Masuk (HTM) Domestik
Hari Biasa (Senin – Kamis) : Rp. 27.500,-
Akhir Pekan (Jumat – Minggu) : Rp. 32.500,- (weekend)

Harga Tiket Masuk (HTM) Mancanegara
Hari Biasa (Senin – Kamis) : Rp. 217.500,- (weekday)
Akhir Pekan (Jumat – Minggu) : Rp. 317.500,- (weekend)

Peta Lokasi Gunung Bromo

Keyword yang masuk :

letak gunung bromo, lokasi gunung bromo, gunung bromo malang, lokasi bromo, gunung bromo jawa timur, wisata bromo malang, wisata gunung bromo, alamat gunung bromo, wisata gunung bromo jawa timur, objek wisata gunung bromo, tempat wisata gunung bromo, gunung di malang, obyek wisata gunung bromo, tempat wisata bromo, hotel di bromo jawa timur dll.

Advertisement

Mari berkumpul bersama di sosial media Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan informasi lebih ter-uptodate seputar dunia pariwisata, perjalanan, hotel, kuliner dan destinasi unik lainnya di daerah Jawa Timur khususnya Malang Raya. Ikuti perkembangan wisata di Malang Raya, dengan bergabung di Jejaring Sosial Kita. Mari ikut serta mengenalkan kekayaan budaya dan alam Malang bersama-sama!

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.