Home Blog Kayutangan Malang Rasa Jogja Check
Kayutangan Malang Rasa Jogja Check
0

Kayutangan Malang Rasa Jogja Check

0
Advertisement

Siapa nih yang suka liburan ke Jogja? Tentunya banyak warga Malang yang tak asing lagi dengan suasana Jogja yang selalu bikin rindu. Kini tidak perlu khawatir dan tak perlu jauh-jauh untuk menikmati suasana Jogja karena Kayutangan Malang sudah menyajikannya untuk kamu. Berlokasi di sepanjang jalan Kayutangan atau tepatnya di Jl. Jenderal Basuki Rahmat, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, Kayutangan Malang menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi dan diminati berbagai kalangan mulai dari anak muda hingga orang tua. Tak hanya untuk sekedar jalan santai atau duduk-duduk sambil menikmati suasana dan hiruk pikuk lalu lintas kota, kawasan Kayutangan Malang sering dijadikan spot foto-foto kekinian hingga konsep foto prewedding loh.

Apa sih yang membuat Kayutangan Malang mengingatkan kamu akan Kota Jogja? Dilihat dari design lampu jalan khas bernuansa hijau dan emas juga tempat duduk yang ditata sedemikian rupa di samping jalur pejalan kaki dengan ruko-ruko sepanjang jalan itu pasti membuat kamu ingat salah satu tempat hits di Kota Jogja yaitu Jl. Malioboro. Buat kamu yang penasaran apa saja yang ada di Kayutangan Malang bisa simak penjelasan berikut.

Wisata Malang MurahKayutangan Malang Dekat Dengan Berbagai Destinasi Kuliner

Selain jalan-jalan santai tentunya kamu juga bisa kulineran disekitar area Kayutangan Malang. Berada di Kawasan heritage tentunya resto sekitar sini menawarkan suasana tempo dulu yang otentik. Beberapa lokasi kuliner yang bisa kamu kunjungi dekat Kayutangan Malang adalah Kopi Lonceng, Kajoetangan streetfood, Toko Oen, dan Lafayette. Untuk makanan yang disajikan juga beragam ada yang menyajikan makanan nusantara, kudapan jadul, hingga western. Tak ketinggalan restoran fast food favorit kamu juga ada dekat Kayutangan Malang nih, yaitu McD.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan jajanan jadul di Kampoeng Kayutangan Heritage. Suasana lawas sangat kental disajikan di tempat ngopi dan kedai-kedai yang ada di sini. Kamu bisa menemukan jajanan seperti onde-onde dan jajanan jadul lain lengkap juga ada jamu tradisional. Waktu favorit pengunjung ada di sore hari dimana suasananya akan semakin keren dengan deretan lampu-lampunya yang menghiasi sepanjang jalan. Dan juga terdapat hiburan berupa live music menemani jalan-jalan santai kamu. Destinasi yang satu ini tentunya cocok untuk dikunjungi bersama teman, keluarga maupun pasangan kamu.

Wisata Pemukiman Jaman Belanda di Kampoeng Kayutangan Heritage

Nah satu lagi lokasi yang sayang untuk dilewatkan Ketika kamu sedang mengunjungi Kayutangan Malang adalah Kampoeng Kayutangan Heritage. Tempat ini adalah pemukiman yang berisi bangunan-bangunan kuno sejak tahun 1920-an yang meskipun sudah dipercantik secara infrastruktur seperti jalan dan fasilitas umum, sebagian besar bangunan rumah masih asli baik eksterior maupun interiornya bisa dilihat dari pintu, jendela, lantai, hingga kursinya. Gaya lawas yang ditampilkan ini cocok untuk kamu yang suka dengan bangunan dan barang-barang antik.

Lokasi Kampoeng Kayutangan Heritage ini ada di Jl. Jend Basuki Rahmad gg 6. Mulai dari sini kamu akan mendapat peta atau simply membaca rambu-rambu yang ada untuk menuju destinasi-destinasi yang ditawarkan berupa:

  • Undakan 1000 (tangga 1000)
  • Kali Sukun
  • Kuburan tandak
  • Pasar krempyeng
  • Pasar rombeng
  • Trowongan
  • Gubuk ningrat
  • Rumah Jacoeb
  • Rumah cerobong, dan lain sebagainya

Di area Kampoeng Kayutangan Heritage ini juga terdapat Pintu Rolak yang merupakan pintu irigasi saluran air peninggalan Kolonial Belanda. Selain bisa menyusuri kampung ini kamu juga bisa menemukan aneka jajan jadul, spot foto-foto keren, cindera mata, mainan anak, dan lain-lain. Terdapat pula galeri-galeri barang antik dan jadul seperti radio, kaset, telepon, kamera, televisi, hingga motor-motor lawas.

Kawasan ini difungsikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kayutangan sendiri dan untuk menghidupkan kembali kesenian dan suasana tradisional. Terdapat galeri batik, kebaya, kedai-kedai kopi, dan kedai jamu tradisional yang menyajikan racikan jamu kunyit asem, beras kencur, juga wedang secang yang segar dan sehat.

Tak kalah menarik, Kampoeng Kayutangan Heritage juga punya spot-spot foto yang menarik mulai background rumah-rumah kuno, jembatan, jalan setapak, hingga lukisan-lukisan dinding yang bagus. Di dalam area ini juga ada masjid yaitu Masjid Taufiqurrahman sehingga kamu tidak perlu khawatir jika tiba waktunya beribadah.

Gimana? Kayutangan Malang tentunya menarik untuk jadi salah satu destinasi wisata kamu ya. Jangan lupa kunjungi Kayutangan Malang untuk merasakan suasana Jogja dan Kampoeng Kayutangan Heritage dengan suasana jadul dan colonial Belanda yang keren. Tapi, perlu diingat untuk tetap menjaga jarak, menggunakan masker, dan berhati-hati dengan barang bawaan kamu. Tetap jaga kerbersihan juga agar setiap area Kayutangan Malang nyaman untuk dikunjungi.

Peta Lokasi Kayutangan Malang

Advertisement

Dapatkan Informasi Terbaru di Sosial Media!

Mari berkumpul bersama di sosial media Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan informasi lebih ter-uptodate seputar dunia pariwisata, perjalanan, hotel, kuliner dan destinasi unik lainnya di daerah Jawa Timur khususnya Malang Raya. Ikuti perkembangan wisata di Malang Raya, dengan bergabung di Jejaring Sosial Kita. Mari ikut serta mengenalkan kekayaan budaya dan alam Malang bersama-sama!



LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.