Home Wisata Alam Paralayang Kota Batu ( Gunung Banyak )
Paralayang Kota Batu ( Gunung Banyak )

Paralayang Kota Batu ( Gunung Banyak )

3
Advertisement

Kota Wisata Batu tidak hanya menjanjikan keindahan dan kemewahaan pemandangan alam tetapi juga menjadi salah satu jujungan para paraglider atau pecinta olah raga paragliding (paralayang). Para pecinta olah raga yang cukup memompa adrenalin itu memulai kegiatannya dari atas Gunung Banyak. Kawasan Gunung Banyak sebenarnya sudah cukup lama dikenal sebagai kawasan yang indah untuk olahraga dirgantara ini. Namun, secara resmi penggunaan kawasan tersebut sebagai kawasan paralayang pada 20 juni 2000 lalu. Saat itulah kawasan Gunung Banyak ini diresmikan menjadi wahana wisata dirgantara.

Peresmiannya bertepatan dengan pelaksanaan PON VI Jatim ditandai dengan pembuatan prasasti yang ditandatangani Ketua Umum Federasi Aero Sport Indonesia Marsekal TNI Hanafi Asnan. Kawasan ini sengaja dipilih karena cocok sebagai pusat olahraga Paralayang, para atlet bisa terbang berkeliling sambil mengintip pemandangan alam dari udara. Setelah berputar-putar di udara, mereka mendarat di kawasan Songgoriti, Kota Wisata Batu. Lokasi ini tidak hanya dimanfaatkan para pecinta paralayang di Malang Raya bahkan atlet nasional tetapi juga wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Bahkan, di kawasan ini juga kerap dijadikan even paralayang mulai tingkat regional, nasional, hingga internasional.

Lokasi Paralayang Batu

Lokasi Paralayang Malang atau Paralayang Batu Gunung Banyak ini ada di Jl. Gn. Banyak, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Untuk akses ke lokasinya sendiri cukup mudah dengan menuju arah Pujon Malang. Untuk para wisatawan yang hendak mengunjungi Paralayang Batu ini diharapkan berhati-hati karena kondisi jalan yang naik turun dan berkelok. Di samping kiri dan kanan jalan yang terbilang sempit ini juga ada jurang yang cukup curam, jadi perlu fokus dalam berkendara menuju Paralayang Batu. Sesampainya di lokasi, pengunjung tidak perlu khawatir untuk lahan parkir karena tersediaarea parkir yang cukup luas untuk mobil dan sepedamotor kalian.

Fasilitas Paralayang Batu

Meskipun lokasinya Paralayang Batu lumayan jauh daripusat Kota Malang, para traveler tidak perlu khawatir karena di sekitar area sudah terdapat warung-warung penjual makanan dan minuman, toilet, juga musholah. Selain itu, untuk kalian yang ingin menginap di lokasi ini juga terdapat penginapan unik dengan konsep rumah pohon Bernama ‘Omah Kayu’.

Sesuai dengan namanya, kamar-kamar didesign tinggi diatas pohon pinus sekitar lereng Gunung Banyak dengan interior serba kayu. Terdapat pula balkon-balkon untuk tamu menikmati keindahan kota Batu dan udara sekitar yang sejuk. Rumah-rumah pohon ini selain difungsikan sebagai penginapan, juga dibuka untuk wisatawan untuk sekedar berfoto dan melihat pemandanagan alam darirumah pohon. Tentunya pengunjung hanya bisa mengunjungi rumah pohon yang tidak digunakan tamu ya. Untuk harga penginapan di Omah Kayu ini beriksar antaraRp. 350.000-450.000 per malam. Sedangkan untuk wisatawan yang hanya berkunjung bisa membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang dengan waktu operasional pukul 09.00-17.00.

Selanjutnya, fasilitas yang tak kalah menarik di area Paralayang Batu adalah ‘Taman Langit’ yang menyajikan spot foto terbaik dengan background pemandangan alam lereng pegunungan yang asri. Dengan Property di balkon-balkon, taman yang indah, dan gerbang yang eksotis yang tersedia dijamin foto-foto kalian nampak lebih estetik. Untuk memasuki Kawasan ini, pengunjung perlu membelitiket masuk dengan harga Rp.10.000 per orang.

Wisata Alam MalangHarga Paragliding Paralayang Batu

Sebelum melakukan paragliding, pengunjung perlumembayar tiket masuk dengan harga Rp. 15.000 dan mendaftar terlebih dahulu di loket yang disediakan untukolah raga paragliding. Tentunya terdapat instruktur yang siap menemani kalian terbang jika memerlukan atau bagiyang belum berpengalaman. Biaya sekali terbang adalahRp. 400.000 yang sudah termasuk instruktur, asuransi dan pajak. Jika tiba-tiba cuaca buruk atau hujan jangankhawatir karena pembatalan penerbangan atau jika tidakjadi terbang maka biaya akan Kembali 100%.

Keseruan terbang Paralayang Malang tentunya sayangjika tidak diabadikan. Untuk itu kalian bisa memintabantuan instruktur untuk bisa berswafoto di atasketinggian saat melakukan paragliding. Pengalamanterbang di Paralayang Batu pastinya akan memberi kesantersendiri untuk kalian yang punya adrenalin tinggi .Tentunya ada aturan yang harus diperhatikan sebelumterbang yak arena yang bisa melakukan olah raga paragliding ini kisaran beratnya antara 30kg hingga 90kg saja. Selain itu, harus memastikan kondisi badan sehat, tidak memiliki penyakit jantung, dan tidak phobia ketinggian. Jika kalian berminat untuk melakukan olahraga paragliding di Paralayang Malang dan butuhinstruktur, bisa menghubungi kontak person berikut081332165697.

Alamat: Jl. Gn. Banyak, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur

Fasilitas:

Area parkir luas
Musholah
Toilet
Penginapan

Harga:

Tiket Masuk​​Rp. 15.000
Omah Kayu​​Rp. 10.000
Taman LangitRp. 10.000
Paralayang​​Rp. 400.000

Peta Lokasi Paralayang Batu

Keyword yang masuk :

paralayang batu, kota batu, paralayang malang, paralayang batu malang, kota batu malang, klub bunga batu, kota wisata batu malang, gunung banyak, Gunung Banyak batu, paralayang di malang, paralayang Kota Batu, tempat wisata di malang raya, pemandangan kota malang, pemandangan kota batu, obyek wisata di batu malang dll.

Advertisement

Dapatkan Informasi Terbaru di Sosial Media!

Mari berkumpul bersama di sosial media Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan informasi lebih ter-uptodate seputar dunia pariwisata, perjalanan, hotel, kuliner dan destinasi unik lainnya di daerah Jawa Timur khususnya Malang Raya. Ikuti perkembangan wisata di Malang Raya, dengan bergabung di Jejaring Sosial Kita. Mari ikut serta mengenalkan kekayaan budaya dan alam Malang bersama-sama!



Comment(3)

  1. yang di sayangkan gak pyk foto pas landing, padahal seru landingnya di sawah! seru bgt,jadi ketagihan!

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.